Bersama Kita Bisa... Kita Bisa Karena Kita Ada... Kita Ada Karena Kita Juara...

Bersama Kita Bisa... Kita Bisa Karena Kita Ada... Kita Ada Karena Kita Juara...

Rabu, 27 Januari 2010

Utamakan Ukhuwah

Rabu, 27 Januari 2010
"Dan Dialah yang mempersatukan hati mereka 9orang-orang yang Beriman) walau kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada dibumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana" (Qs. Al Anfaal[8]:63)
 
Ayat diatas menjelaskan bahwa Allah swr mempersatukan hati orang mukmin suatu jalian Ukhuwah yang timbul atas dasar keimanan. Merupakan jalinan persatuan yang kokoh, sebagai potensi kekuatan yang diberikan oleh-Nya. banyak fitnah dan cobaan yang dihadapi umat Islam saat ini. Konflik antar sesama Muslim yang kita saksikan bersama saat ini sungguh sangat memperhatikan. diperlukan kearifan pemimpin-pemimpin kelompok dalam menhadapi kondisi demikian. kesadaran sebagai suatu kesatuan umat islam perlu digugah. bukan dengan saling tuduh yang akan semakin memerkeruh suasana konflik.
 
perbedaan-perbedaan pendapat yang muncu, tidak seharusnya disikapi dengan perselisihan yang tidak perlu. namun, diselesaikan melalui musyawarah secara bijak. kesepakatan dibuat secara bijak. kesepakatan dibuat secara kolektif untuk kepentingan bersama. semua pihak yang berbeda pendapat dihargai martabatnya tidak ada yang merasa dirugikan atas kesepakatan yang diputuskan dalam musyawarah.
 
kata kunci yang harus selalu dierhatikan jika terjadi konflik adalah Ishlah. dalam hal ini, tidak ada yang merasa menang atau kalah. sikap fanatisme golongan harus disingkirkan jauh-jauh, "Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapay rahmat," (Qs. Al Hujaraat[49]:10)
 
sangat disayangkan, bila umat tercerai berai karena pertikaian yang sebetulnya bisa diselesaikan dengan musyawarah. "Kaum Muslim adalah satu badan, jika ada satu anggota badan menderita sakit, seluruh badan akan demam," (HR.Bukhari Muslim)
 
hadits diatas menekankan tentang pentingnya empati seorang Muslim dengan ikut merasakan permasalahan atau kesulitan yang dihadapi oleh saudaranya. hal ini merupakan indikator tingkatan ukhuwah yang tertanam didalam hati seorang muslim.
 
merupakan suatu kedzliman, jika kita tidak peduli dengan penderitaan yang didzalimi saudara-saudara kita. puncak dari setiap ukhuwah adalah Itsar, yakni lebih mengutamakan kepentingan orng lain. suatu pengorbanan yang sangat mulia, yang tidak memikirkan kepentingan diri semata namun mementingkan kemaslahatan bersama. Sungguh indah jika setiap muslim menjaga Ukhuwah.
 
*diambil dari buletin PPDI cab.Pelabuhan Tj.Priuk Juni 2008

0 komentar:

Posting Komentar